Yayasan Baraoi Mutiara Borneo (Bambo Foundation) | NGO Bidang Pendidikan, Sosial dan Lingkungan | Desa Tumbang Baraoi, Petak Malai, Katingan Kalimantan Tengah - Indonesia 74459

Kamis, 15 Desember 2022

Taman Suluh Pambelum Terima Peserta Kegiatan Persami Gabungan

www.bambofoundation.org - Selaras dengan salah satu tujuan Taman Suluh Pambelum yakni menjadi tempat edukasi dan sosialisasi dalam rangka menumbuhkan semangat peduli terhadap lingkungan, Bambo Foundation sangat welcome terhadap masyarakat yang ingin berkunjung dan memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan. Tentunya selama aktivitas yang dimaksud adalah yang positif dan ramah serta bersahabat dengan lingkungan. 
Kegiatan persami di Taman Suluh Pambelum

Beberapa waktu lalu, Taman Suluh Pambelum Yayasan Baraoi Mutiara Borneo (Bambo Foundation) menerima peserta kegiatan Persami (perkemahan Sabtu-Minggu) gabungan SMPN Satap 3 Sanaman Mantikei dan SMAN 1 Petak Malai yang akan menggunakan area Camping Ground yang telah disediakan. Sesuai dengan namanya aktivitas ini dilaksanakan selama dua hari yakni Sabtu - Minggu (26-27 November 2022) lalu. 
Belajar Sandi Kotak
Camping Ground Taman Suluh Pambelum adalah area khusus yang disediakan untuk mendirikan tenda. Karena luas taman sendiri yang masih sangat terbatas, tempat ini sementara hanya bisa menampung sekitar  8-10 tenda berukuran sedang. Lokasi ini pertama kali digunakan pada saat kegiatan Kemah Bakti Literasi yang di adakan pada Agustus 2022 lalu. 

Acara Hiburan Persami

Karena terbilang baru maka tidak dipungkiri fasilitas di kawasan ini masih terbilang sangat minim. Selain tempat mandi terbuka dan toilet umum, belum ada fasilitas lain yang biasanya wajib tersedia di area camping. Salah satu yang vital misalnya adalah tempat sampah, untuk sementara tempat sampah hanya disediakan kantong-kantong sampah darurat selama kegiatan padahal sejatinya harus tersedia tempat sampah permanen atau semi permanen. Begitupula dengan penerangan sebagai salah satu fasilitas utama juga belum tersedia. Solusi sementara penerangan selama kegiatan menggunakan sumber listrik dari Aki (Accu).

Fasilitas Camping Ground Taman Suluh Pambelum

Keterbatasan fasilitas ini tentu saja lantaran terbatasnya anggaran untuk pengadaannya. Adapun pembangunan beberapa fasilitas yang sudah ada selain berasal dari donasi masyarakat juga dibantu dari dana swadaya pengurus dan relawan. 
Suasana Camping Ground Taman Suluh Pambelum

Namun demikian, kekurangan ini secara umum tidak memengaruhi antusias dan semangat peserta yang terdiri dari 22 siswa-siswi usia pendidikan SMP dan SMA yang melaksanakan  kegiatan persami kali ini. Terbukti senyum ceria selalu tersungging di wajah-wajah energik mereka selama proses kegiatan. Bahkan beberapa siswa merasa kegiatan yang digelar dua hari ini masih terasa sangat singkat dan berharap segera dapat mengikutinya kembali di tahun 2023 mendatang. 

Suasana Taman yang masih terbilang asri dengan beberapa pepohonan alami menjadi tempat yang pas bagi mereka untuk bersantai selama momen istirahat baik menggunakan ayunan (hammock) maupun hanya sekedar menikmati seduhan hangat teh atau kopi di panggung sederhana. 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Facebook

Mengenai Saya

Foto saya
Yayasan Baraoi Mutiara Borneo (Bambo Foundation) | NGO Bidang Pendidikan, Sosial dan Lingkungan | Desa Tumbang Baraoi, Petak Malai, Katingan Kalimantan Tengah- Indonesia 74459