Sabtu, 19 Oktober 2019

Bambo Foundation Siapkan Lahan Percontohan Tanaman Buah Langka Kalimantan

www.bambofoundation.org - Upaya serius Yayasan Baraoi Mutiara Borneo (Bambo Foundation) untuk mewujudkan pilot project percontohan Tanaman Buah Langka Kalimantan  (Peta Bulak) yang merupakan bagian dari program Peduli Jantung Borneo (PJB) mulai mendapat angin segar. Impian tersebut semakin dekat dengan kenyataan setelah salah seorang warga bersedia lahannya dialihfungsikan menjadi lokasi percontohan.


Sahabat Alam Borneo
Aksi Tanam Pohon 26 Agustus 2019 di Lahan Pilot Project Percontohan Tanaman Buah Langka Kalimantan
Di Desa Tumbang Baraoi, Kecamatan Petak Malai, Kabupaten Katingan-Kalimantan Tengah

Terletak di Desa Tumbang Baraoi, Kecamatan Petak Malai Kabupaten Katingan, luas lahan yang memang tidak seberapa yakni diperkirakan hanya sekitar 4.500 m² dengan kesepakatan biaya pembebasan lahan sebesar Rp 2.500 rupiah/m² atau jika ditotal kurang lebih Rp 11.250.000,- (Sebelas Juta Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah).
Peduli Jantung Borneo Bambo Foundation
Aksi Tanam Pohon 26 Agustus 2019 di Lahan Pilot Project Percontohan Tanaman Buah Langka Kalimantan
Di Desa Tumbang Baraoi, Kecamatan Petak Malai, Kabupaten Katingan-Kalimantan Tengah
Tanggal 26 Agustus 2019 lalu, bertepatan dengan aksi sosial tanam pohon kegiatan Kemah Bakti Literasi, sekitar 50 bibit telah ditanam di lokasi percontohan ini. Beberapa bibit pohon buah yang ditanam tersebut antara lain Tangkuhis (Dimocarpus longan subsp malesianus var malesianus), Tenggareng (Nephelium ramboutan-ake), Asam putar (Mangifera turqoenda), Asam pangi (Mangifera pajang), Kecapi (Sandoricum koetjape), Balangkasua (Lepisanthes alata), Bisbul (Diospyros blancoi), Tanggu (Lansium domesticum), Pampaken (Duri kutejensis) dan Durian merah (Durio dulcis).

Tentu saja aksi tanam tersebut hanyalah langkah awal dalam merealisasikan Program PJB Percontohan Tanaman Buah Langka Kalimantan. Lahan yang hanya berjarak sekitar 100 meter dari Kantor Kecamatan ini diharapkan setidaknya memiliki koleksi 1.000 tanaman buah langka yang tumbuh dan dapat di jumpai di Kalimantan.

Bagi sahabat yang tertarik ikut dalam upaya konservasi tanaman buah Kalimantan termasuk Asam Pangi (Mangifera Pajang) bisa bergabung bersama kami. Caranya mudah yakni cukup dengan donasi Rp 50 ribu, kamu bisa menjadi pengasuh (adopter) pohon buah yang dikehendaki. Cara menjadi adopter dan jenis-jenis pohon buah yang bisa kamu adopsi bisa dilihat klik link halaman ini Adopsi Pohon Buah Kalimantan.

Mari Bersama Jaga Jantung Borneo Kita!

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Follow by Email

Facebook

Comments