Senin, 17 Mei 2021

Khasiat dan Kandungan Nutrisi Buah Botong

www.bambofoundation.org - Buah Botong atau Kundur atau Beligo adalah buah dari sejenis tanaman sayuran merambat atau menjalar di atas permukaan tanah. Buah ini memiliki dua variasi yang umum yakni yang berbentuk panjang bahkan hingga lebih dari satu meter dan yang berbentuk bulat mirip semangka. Meski secara fisik baik batang maupun buahnya relatif mirip dari segi bentuk dan ukuran (yang berbentuk bulat) namun buah Botong memiliki ciri khas yakni terdapat semacam "bulu" halus seperti beludru berwarna putih pada bagian kulit luarnya. Beludru ini akan berangsur-angsur hilang ketika buah matang namun tetap mempertahankan warnanya yakni hijau.

Sayur Botong

Buah atau sayur Botong merupakan tanaman asal Asia Tenggara namun kini sudah dibudidayakan di beberapa wilayah lain seperti Asia Timur dan Selatan. Buah yang dikenal dengan nama Winter Melon ini dikenal memiliki banyak khasiat terutama untuk kesehatan. 

Jenis sayuran yang diyakini dapat membantu program kehamilan ini memiliki daging buah berwarna putih dengan bagian tengah relatif berongga dan lebih lunak. Di dalam rongga inilah biji-biji buah botong yang sedikit lebih besar dari biji timun berada. Biji yang berwarna putih atau cenderung krem ini merupakan salah satu media perbanyakan yang lazim digunakan. 

Kandungan nutrisi dan manfaat kesehatan buah ini dilansir dari Healthline media antara lain dijelaskan bahwa buah dengan nama latin atau nama ilmiah Benincasa hispida mengandung sekitar 96 persen air. Selain  tinggi protein dan karbohidrat juga rendah kalori serta mengandung lemak baik. Nutrisi bermanfaat lainnya yang juga terkandung dalam buah ini adalah beberapa  jenis vitamin, seperti vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, kalsium, dan zat besi. 

Serat dalam buah kundur/ botong juga terbilang cukup tinggi dan sangat baik guna melancarkan sistem pencernaan.Tidak hanya itu kandungan zat flavonoid dan karoten adalah dua jenis anti oksidan yang dipercaya dapat menjaga tubuh dari kerusakan sel, ganguan penyakit diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. 

Jenis buah yang bermanfaat untuk mendukung program kehamilan disematkan untuk botong kendati belum ada pengujian secara ilmiah mengingat manfaat kandungan asam folat sebagai salah satu gizi penting untuk meningkatkan kesuburan dan mencegah kecacatan janin juga terkandung di dalam buah botong.

Cara menanam buah botong sangat simpel, bahkan dalam beberapa kasus tumbuh dengan sendirinya dari biji yang kadang "dilemparkan" bersama kulit buah setelah di sayur. Tanaman botong tumbuh dengan baik pada kondisi tanah yang baik dengan kandungan unsur hara yang cukup. Tanaman dapat menghasilkan buah tanpa mengenal musim dan biasanya sudah panen setelah berumur sekitar 70 hari setelah di tanam. 

Bibit buah botong sebaiknya dipilih yang bernas sebelum ditanam yakni dengan cara merendamnya di air hangat selama kurang lebih 30 menit. Biji yang baik adalah yang tenggelam dan terlihat "gemuk" setelah perendaman sedangkan yang tipis dan biasanya mengapung adalah biji yang kurang baik dan harus di pisahkan.  

Sayur Botong adalah salah satu tanaman yang cukup familiar di kalangan masyarakat Dayak khususnya di Katingan, sebetulnya untuk hasil buah yang optimal diperlukan pengolahan tanah seperti pengolahan media tanah pada penanaman sayur labu, timun atau semangka, namun dalam kasus daerah ini umumnya botong di tanam pada lahan tanpa pengolahan secara khusus. Biasanya tanaman ini ditanam bersamaan dengan proses "manugal" atau menanam padi pada areal lahan yang telah ditebas-bakar beberapa minggu sebelumnya. 


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Facebook

Mengenai Saya

Foto saya
Yayasan Baraoi Mutiara Borneo (Bambo Foundation) | NGO Bidang Pendidikan, Sosial dan Lingkungan | Desa Tumbang Baraoi, Petak Malai, Katingan Kalimantan Tengah- Indonesia 74459